Analisis Strategi E-Business (Studi Kasus Di Umkm Kopi Biji Salak(Koplak) Di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro)

  • Siti Alfiyah

Abstract

E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet atau lebih singkatnya pengguna elektronik atau komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. E-Business tidak dapat bekerja tanpa strategi, strategi e-business dibutuhkan untuk mendukung arah strategi UMKM secara keseluruhan agar dapat sukses dalam menjalankan e-business. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi e-business  pada UMKM kopi biji salak (KOPLAK) di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro. Dan Bagaimana analisis SWOT pada UMKM kopi biji salak (KOPLAK) di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi e-busniess pada UMKM kopi biji salak di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro  dan untuk mengetahui analisis SWOT e-business pada UMKM Kopi Biji Salak di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif berupa acuan dan perilaku obyek. Lokasi penelitian ini berada di Dusun Salakan Desa Semboro Kecamatan Semboro, dan subyek penelitian ini adalah pelaku e-business yaitu Bapak Muhammad Bustomi. Dengan analisis strategi e-business pada UMKM Kopi Biji Salak (KOPLAK) dapat meningkatkan bisnis dan mengembangkan produk KOPLAK di seluruh Indonesia yang melalui media elektronik atau media sosial. Bagi UMKM Kopi Biji Salak menggunakan e-business atau bisnis elektronik pada usahanya tersebut dapat bermanfaat bagi UMKM dan produknya seperti memperluas pemasaran produk, menambah konsumen, memilih pemasok terbaik.

Published
2019-12-13
Section
Articles