Propaganda GNNT dalam Mewujudkan Economic Behavior Berbasis Less Cash Money

  • Uliyatul Mu’awwanah

Abstract

Tulisan ini berupaya untuk membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan awareness serta menambah khazanah keilmuan ekonomi Islam dalam masyarakat kekinian. Era digital menuntut manusia untuk selalu beradapatasi dalam setiap aspek kehidupannya termasuk dalam berekonomi. Keinginan individu untuk senantiasa memenuhi kebutuhan hidup merupakan suatu naluri alamiah manusiawi, revolusi era digital ini mau tidak mau menjadikan masyarakat untuk meninggalkan perilaku ekonomi (economic behavior) yang dinilai sudah tidak relevan. Era kemajuan teknologi dan globalisasi merupakan tantangan bagi bank Indonesia agar selalu meningkatkan kemananan, efisiensi, penguatan, interkoneksi sistem pembayaran yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Sebagai regulator dalam bidang perekonomian Bank Indonesia bertanggung jawab dalam mengatur alur perekonomian suatu Negara serta dalam kaitannya dengan pasar global tentu peran BI sebagai penentu kebijakan sangatlah primer. Fenomena penggunaan uang tunai dalam masyarakat yang masih tinggi secara tidak langsung mengandung beragam konsekuensi meski dalam situasi tertentu, seperti halnya inflasi, penurunan nilai mata uang, kerusakan dalam penggunaanya, biaya ekonomi yang lebih besar serta resiko lain yang mengakibatkan BI sebagai fasilitator menciptakan suatu program peningkatan efisiensi ekonomi nasional melalui GNNT (Gerakan Nasional non-Tunai). Tujuan dari kebijakan tersebut adalah untuk memaksimalkan penggunaan transaksi pembayaran dengan memperhatikan aspek keamanan, keandalan, inklusif, efisiensi serta mengutamakan kepentingan nasional atau domestik, dikarenakan transaksi non tunai memungkinkan pengehematan pada biaya ekonomi juga perputaran uang menjadi lebih cepat. Hal ini diharapkan menjadi sebuah solusi untuk aktivitas ekonomi yang lebih baik dalam rangka mewujudkan cita cita BI bersama industri sistem pembayaran  nasional berbasis  less cash money .  

Published
2020-05-28
How to Cite
Mu’awwanah, U. (2020). Propaganda GNNT dalam Mewujudkan Economic Behavior Berbasis Less Cash Money. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(1), 41-61. Retrieved from http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/Al-tsaman/article/view/306
Section
Articles