Mekanisme Pricing And Product Display Toko Klontong Pesantren Salaf : Studi Kasus Pondok Pesantren Panyeppen Pamekasan Madura

  • Kamali Kamali
  • Mansur Mansur
  • Fitria Nur Masithoh
  • Sukamto Sukamto
  • Aang Kunaifi

Abstract

The pricing and display of products at the grocery store at the Panyeppen Pamekasan Islamic Boarding School are separate uniqueness. This descriptive study found new things that were happening in the salaf pesantren. Pricing is based on mutual benefits between buyers and sellers on the principle of deliberation between managers and the trade principle "the important thing is not to lose". Product displays prioritize closeness and interaction with potential buyers. Provide trust and comfort but maintain the tidiness and cleanliness of the product.

 

 

Penetapan harga dan pemajangan produk pada toko klontong di Pondok Pesantren Panyeppen Pamekasan merupakan keunikan tersendiri. Penelitian kualitatif-deskriptif ini menemukan hal baru yang terjadi di pesantren salaf. Penetapan harga didasarkan pada keuntungan bersama antara pembeli dan penjual dengan asas musyawarah antar pengelola dan prinsip dagang ‘yang penting tidak rugi’ walaupun labanya sangat sedikit. Pemajangan produk lebih mengutamakan kedekatan dan interaksi dengan calon pembeli. Memberikan rasa nyaman dan aman dalam memilih barang dengan menyentuh langsung bahkan dapat mencobanya untuk barang tertentu.

 

Published
2020-11-30
How to Cite
Kamali, K., Mansur, M., Masithoh, F. N., Sukamto, S., & Kunaifi, A. (2020). Mekanisme Pricing And Product Display Toko Klontong Pesantren Salaf : Studi Kasus Pondok Pesantren Panyeppen Pamekasan Madura. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(02), 48-62. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/Al-tsaman/article/view/404
Section
Articles