Template

 

Ketentuan Umum Naskah Jurnal:

1. Panjang naskah minimal 2000 kata selain abstrak dan referensi. 

2. Submit naskah disertai dengan bukti hasil cek plagiasi menggunakan Turnitin dengan tidak melebihi 30% similarity.

3. Naskah ditulis dengan menggunakan kutipan dan referensi versi APA Style.

4. Format naskah mengikuti model IMRAD. 

 

 

Judul (Font: Times New Roman, size 18)

Judul ditulis tidak lebih dari 10 kata selain kata sambung. 

Nama Penulis (Font: Times New Roman, center, size 10)

Afiliasi: (Font: Times New Roman, center, size 10)

E-mail: (Font: Times New Roman, center, size 10)

Abstract (Font: Times New Roman, capital, center, size 10)

Abstrak merupakan ringkasan artikel jurnal, berisi secara berturut-turut latar belakang, tujuan penelitian, metode yang digunakan, temuan hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak ditulis menggunakan bahasa Inggris (abstrak pertama) dan bahasa Indonesia (abstrak kedua). Masing-masing panjang abstrak adalah 100-150 kata. (Font: Times New Roman, justify, size 10)

Keywords: (Font: Times New Roman, justify, size 10)

Keywords merupakan kata kunci yang disebutkan penulis terkait topik inti dalam artikelnya. Keywords ditulis dengan 3-6 kata/frasa. (Font: Times New Roman, justify, size 10)

1. Pendahuluan (Font: Times New Roman, bold, size 12) - 4 paragraf cukup.

Pendahuluan ditulis dengan model ilustrasi segitiga terbalik. Paragraf awal berisi fakta sosial dengan menggunakan kalimat shocking diikuti rujukan/kutipan ahli yang memperkuatnya. Penjelasannya masih dalam skala luas untuk ditarik ke arah lebih spesifik pada paragraf berikutnya. Paragraf berikut berisi penelitian terdahulu yang dipublikasikan dalam jurnal dengan merujuk secara benar. Tunjukkan perbedaan (gap) dan kebaruan (novelty) atau state of the art-nya dengan artikel yang akan ditulis pada kalimat-kalimat terakhir dalam bentuk kalimat pernyataan. Paragraf selanjutnya berisi tujuan tulisan, pertanyaan penelitian, dan mengapa topik tulisan penting untuk diangkat serta apa pesan yang ingin disampaikan. Dan paragraf akhir berisi asumsi penelitian atau jawaban-jawaban sementara atas pertanyaan penelitian. Asumsi ini menjadi dasar yang berkaitan dengan sub Hasil dan Pembahasan. (Font: Times New Roman, justify, size 12, spacing: before 0 pt; after 0 pt, line spacing: 1, first line: 10)

2. Metode (Font: Times New Roman, bold, size 12) - 3 paragraf cukup.

Metode penelitian paling tidak dijelaskan secara ringkas. Paragraf awal mengupas alasan memilih objek penelitian, mengapa objek tersebut yang dipilih dan bukan yang lain. Paragraf tengah mengupas sumber informasi yang dipakai, baik teks maupun informan. sedangkan paragraf akhir mengupas proses riset, dari pengumpulan data, analisis, sampai penyimpulan. Untuk memudahkan pembaca, penulis bisa menambahkan skema alur penelitiannya. (Sakkal Majalla, justify, size 12, spacing: before 0 pt; after 0 pt, line spacing: 1, first line: 10)

3. Hasil dan Pembahasan (Font: Times New Roman, bold, size 12) 

Hasil dan pembahasan menjelaskan temuan, bukan langkah-langkah atau proses meneliti. Sajikan temuan data dalam bentuk grafik, skema, tabel, gambar, atau chart. Di samping itu, temuan tersebut dikaji dan dikaitkan dengan konsep atau teori yang sudah ada ditambah membandingkannya dengan penelitian sebelumnya (merujuk pada penelitian terdahulu di sub Pendahuluan) sehingga bisa didapati kualitas temuan lebih baik atau tidak dari artikel sebelumnya. Tunjukkan signifikasi artikel bagi kemajuan ilmu dan dampak ilmiahnya. Pada paragraf terakhir dijelaskan tindakan apa yang perlu diambil menurut hasil penelitian tersebut dan riset yang bagaimana perlu dilakukan selanjutnya. (Font: Times New Roman, justify, size 12, spacing: before 0 pt; after 0 pt, line spacing: 1, first line: 10)

Tabel diberikan penomoran dan keterangan serta diletakkan di atas, sedangkan selain tabel ditulis gambar yang diberikan penomoran dan keterangan serta diletakkan di bawah. Contoh: 

 

4. Kesimpulan (Font: Times New Roman, bold, size 12) - 2 paragraf cukup.

Kesimpulan dinarasikan dengan lebih sedikit paragraf dan tidak berbentuk point. Paragraf awal berisi jawaban masalah atau tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan temuan tanpa melakukan pembahasan lagi. Hindari menggunakan kalimat “mungkin dapat disimpulkan” karena pernyataan tersebut tidak meyakinkan. Sedangkan paragraf akhir berisi implikasi atau saran konkrit yang menunjukkan pentingnya temuan. (Font: Times New Roman, justify, size 12, spacing: before 0 pt; after 0 pt, line spacing: 1, first line: 10)

Referensi (Font: Times New Roman, bold, size 12)

Jumlah minimal 10 referensi dan 80% dari jurnal atau 100% dari jurnal. Usia referensi yang digunakan dalam artikel dianjurkan maksimal 10 tahun. Penulisan referensi mengikuti standar APA. Berikut contoh penulisan referensi dari jurnal: 


Makruf, I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kabupaten Sukoharjo. Arabi: Journal of Arabic Studies, 5(1), 79-90.  DOI: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v5i1.93(Font: Times New Roman, size 12, spacing: before 0 pt; after 0 pt, line spacing: 1, hanging: 10)