Teknik Diskusi dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy (Ret) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

  • Puji Maulana
  • Muhammad Nahrowi

Abstract

Meningkatnya penyalahgunaan narkoba yang terjadi pada usia remaja salah satunya dikarenakan kurangnya pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Pendekatan Rational Emotive Therapy (RET) merupakan suatu pendekatan yang menitikberatkan pada cara berpikir yang rasional , dan teknik diskusi akan membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba. Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah: “Apakah teknik diskusi dengan pendekatan Rational Emotive Therapy efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di SMP Islam Kasiyan Puger Jember”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 20.0 dengan hasil analisis data yaitu: (1) Variabel Y diperoleh  t hitung 13,584 dengan nilai sig. 0,000. (2) Sub variabel Y1 diperoleh t hitung 9,920 dengan nilai sig. 0,000. (3) Sub variabel Y2  diperoleh t hitung 8,864 dengan nilai sig. 0,000. (4) Sub variabel Y3  diperoleh t hitung 12,767 dan  nilai sig. 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya: kesimpulan secara umum  “Teknik diskusi dengan pendekatan RET efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di SMP Islam Kasiyan Puger Jember”.

Published
2022-11-10
How to Cite
Maulana, P., & Nahrowi, M. (2022). Teknik Diskusi dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy (Ret) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. JEC : Journal Of Education Counseling, 1(02), 96-121. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/JEC/article/view/1056
Section
Articles