EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING DENGAN PENDEKATAN REBT UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA
Teknik Modeling, Pendekatan REBT, Self Efficacy Siswa
Abstract
Memiliki tingkat Self Efficacy yang tinggi adalah sebuah keharusan seorang siswa yang sedang menempuh pendidikan, yang mana kesehariannya akan dihadapkan dengan berbagai situasi dan tantangan. Untuk meningkatkan self efficacy siswa diperlukan pendekatan dan penerapan teknik yang tepat untuk meningkatkan self efficacy siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan. pendekatan REBTdengan teknik modeling. Karena REBT merupakan salah satu pendekatan dalam konseling yang berorientasi pada perubahan pemikiran yang irasional menjadi rasional dan teknik modeling merupakan salah satu teknik yang ada dalam pendekatan ini.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah, Apakah teknik modeling dengan pendekatan REBT efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU Kencong tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan desain One Group Pretest Posttest Design, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 15 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi Angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 25.0 dengan hasil analisis yaitu, Pertama variabel Y diperoleh hasil t hitung 4.668 dan nilai sig. 0,000, Kedua Subvariabel Yı diperoleh hasil t hitung 3.724 dan nilai sig. 0,002, Ketiga Sub variabel Y₂ diperoleh hasil t hitung 3.495 dan nilai sig. 0,004, Keempat Sub variabel Y₃ diperoleh hasil t hitung 5.496 dan nilai sig.0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima, artinya Pertama Teknik modeling dengan pendekatan REBT efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU Kencong tahun pelajaran 2022/2023.