EFEKTIVITAS PENDEKATAN REBT DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR
Pendekatan REBT ,Tehnik sosiodrama, Disiplin Belajar
Abstract
Dalam mencapai tujuan pendidikan peserta didik harus mempunyai sikap dan perilaku yang dapat menunjang keberhasilan masa depan. Salah satu sikap yang harus dikembangkan pada diri peserta didik yaitu sikap disiplin belajar dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah.Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah keyakinan seseorang memengaruhi pikiran dan tindakannya, keyakinan rasional realistis dan dapat di dukung oleh bukti-bukti.Di dalam dunia pendidikan teknik sosiodrama sangat membantu para guru dalam melakukan proses belajar mengajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendramatisasikan suatu masalah sosial .
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah, Apakah pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023,
sedangkan rumusan masalah secara khusus dalam penelitian ini adalah, Pertama apakah pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan disiplin belajar dalam disiplin waktu peserta didik kelas IX di SMP Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023 Kedua apakah pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan disiplin belajar dalam disiplin perbuatan peserta didik kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan desain One Group Pretest Posttest Design, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi Angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 25.0 dengan hasil analisis yaitu Pertama variabel Y diperoleh hasil t hitung 5.304 dan nilai sig. 0,000, Kedua sub variabel Yı diperoleh hasil t hitung 2.473 dan nilai sig. 0,035, Ketiga sub variabel Y₂ diperoleh hasil t hitung 4.230 dan nilai sig. 0,002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima, artinya Pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023. Dan pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan disiplin belajar dalam disiplin waktu peserta didik kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023. Serta pendekatan REBT dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan disiplin belajar dalam disiplin perbuatan peserta didik kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Jombang Tahun Pelajaran 2022/2023. Ini berarti penerapan metode sosiodrama berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa.