PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA

Pendekatan Person Centered Therapy, Meningkatkan Percaya Diri

  • Amak Fadholi
  • Dian Mauliddia

Abstract

      Percaya diri merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh siswa, karena dengan percaya diri siswa dapat memiliki keyakinan kemampuan diri, optimis dan bertanggung jawab untuk dapat melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya. Pendekatan person centered therapy merupakan pendekatan yang cocok/tepat digunakan kepada konseli/klien yang mempunyai permasalahan seperti kurangnya percaya diri.

      Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah “Apakah pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023?”. Sedangkan rumus masalah secara khusus adalah (1) “Apakah pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam keyakinan kemampuan diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023?”. (2) “Apakah pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam optimis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023?”. (3) Apakah pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam bertanggung Jawab siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023?”.

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Efektivitas pendekatan person centered therapy untuk meningkatkan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest design, dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, kuisioner/angket dan dokumentasi.

      Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 25.0. Adapun hasil analisis yaitu (1) Variabel Y diperoleh hasil nilai t hitung 44.084 dan nilai sig 0.000, (2) Sub variabel Y¹ diperoleh hasil nilai t hitung 31.846 dan nilai sig 0.000, (3) Sub variabel Y² diperoleh hasil nilai t hitung 24.857 dan nilai sig 0.000, (4) Sub variabel Y³ diperoleh hasil nilai t hitung 28.531 dan nilai sig 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya (1) Pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023. (2) Pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam keyakinan kemampuan diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023. (3) Pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam optimis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023. (4) Pendekatan person centered therapy efektif untuk meningkatkan percaya diri dalam bertanggung jawab siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023.

Published
2023-09-10
How to Cite
Fadholi, A., & Mauliddia, D. (2023). PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA. JEC : Journal Of Education Counseling, 2(02), 45-74. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/JEC/article/view/1420
Section
Articles