Akhlak Murid dan Guru Analisis Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Karya Hadhrotus Syaikh Kh. Hasyim Asy’ari

  • Fadlillah Fadlillah IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG
  • Umi Wakhidah IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG

Abstract

Pendidikan akhlak bagi murid dan guru sangatlah penting, karena salah satu faktor penyebab kegagalan pendidikan agama Islam selama ini adalah rendahnya akhlak seorang murid dan  seorang guru. Tidak dipungkiri lagi bahwa antara guru dan murid ada banyak sekali akhlak dan etika yang perlu dipelajari dan diterapkan pada era sekarang ini, baik itu terhadap guru dan murid, terhadap diri sendiri maupun terhadap ilmu. Agar suatu proses pembelajaran bukan hanya berakhir dengan lulusnya murid dari suatu jenjang pendidikan tertentu, tapi berlanjut dengan bermanfaatnya ilmu yang didapatkan bagi murid, guru maupun orang lain. Artikel ini membahas bagaimana konsep akhlak murid dan guru menurut kitab Adab Al-Alim wa Al-Muta’allim karya Hadhratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari. Temuan dari artikel ini adalah konsep akhlak guru dan murid yang dipaparkan KH. Hasyim Asy’ari adalah seorang murid harus memiliki akhlak yang terpuji, baik itu terhadap guru, diri sendiri maupun terhadap ilmu. Karena tujuan pembelajaran adalah memberi pengetahuan, merubah tingkah laku dan meningkatkan kualitas, bukan hanya sebatas transfer of knowledge saja. Seorang guru adalah suri tauladan bagi murid. Jika gurunya baik maka muridnya akan baik. KH. Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa seorang guru juga harus memiliki akhlak yang terpuji, baik terhadap murid, diri sendiri dan bahkan saat mengajar. Oleh karena itu konsep akhlak ini merupakan konsep yang sangat bagus untuk diterapkan pada era sekarang ini.

Published
2022-07-28
How to Cite
Fadlillah, F., & Wakhidah, U. (2022). Akhlak Murid dan Guru Analisis Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Karya Hadhrotus Syaikh Kh. Hasyim Asy’ari. AS-SUNNIYYAH, 2(01), 1-30. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/1071
Section
Articles