Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • M Bustanul Ulum

Abstract

Dalam proses pembelajaran, metode yang digunakan diharapkan mampu membuat guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik. Dalam kegiatan belajar, aktifitas fisik maupun mental harus selalu terkait. Seorang anak melakukan proses berpikir sepanjang ia melakukan suatu perbuatan. Pada penelitian menggunakan metode team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam metode team quiz, diawali dengan guru menerangkan materi pelajaran, dan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Semua anggota kelompok Bersama-sama mempelajari materi tersebut. Setelah itu diadakan pertandingan antar kelompok. Belajar merupakan kegiatan yang terjadi pada semua orang tanpa mengenal batas usia, dan berlangsung seumur hidup. Belajar adalah proses seorang dalam memperoleh sebuah pengetahuan, ketrampilan, serta kecakapan. Kesiapan belajar siswa erat kaitannya dengan hasil belajar siswa, maka dari itu kesiapan dalam diri seorang siswa sangat penting. Hasil belajar dapat diartikan proses perubahan kemampuan intelektual, kemampuan minat, dan kemampuan motorik halus dan kasar pada siswa. Perubahan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran khususnya dalam satuan pendidikan dasar diharapkan sesuai dengan tahap perkembangannya. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam merupakan bentuk kinerja belajar peserta didik dalam memahami dan mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini misalnya mengani penerapan metode team quiz, peserta didik diharapakan mampu meningkatkan hasil belajarnya setelah diterapkannya merode tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang yaitu penelitian Wilcoxon karena data yang diuji tidak berditribusi normal. populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VI SDN Ampel 03 yang berjumlah 50 siswa dengan subjek diambil satu kelas dari 2 kelas.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah Adanya Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Published
2022-07-28
How to Cite
Ulum, M. B. (2022). Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AS-SUNNIYYAH, 2(01), 31-38. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/1072
Section
Articles