Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan metode pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Daruttaqwa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data, dengan keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual berhasil menciptakan siswa yang aktif dan efektif dalam proses pembelajaran.

Published
2023-11-20
How to Cite
Syaikhu, A. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. AS-SUNNIYYAH, 3(01), 26-31. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/1484
Section
Articles