Peningkatan Minat Belajar dan Minat Baca Siswa melalui Media E-Learning dan E-Library untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Sekolah dan Madrasah di Kab/Kota Blitar Tahun 2020

Indonesia

  • Moh. Zainal Fanani IAIN Kediri
  • Surahmat Surahmat IAIN Kediri
  • Hendra Ade Prasetyo
  • Maya Dwi Puji Hastuti
  • Bima Nur Fadhilatur Rohim
  • Ahmad Afif Abdullah
  • Akhmad Salman Alfarizi

Abstract

The civilization of an advanced nation is built from a culture of science and literacy that develops continuously between generations. Along with the development of knowledge and technology, especially in the digital field, literacy culture, including digital literacy, is one of the important aspects that must be implemented in schools. Literacy culture includes literacy, numeracy/mathematical literacy, scientific literacy, information and communication technology literacy, financial literacy, and cultural literacy and citizenship. In connection with the above, the research-based community service team of IAIN Kediri provided training and assistance with the theme "Increasing Students' Interest in Learning and Reading Interest Through E-Learning and E-Library Media to Support the School Literacy Movement Program (GLS) at Madrasahs in Kab/Blitar City in 2020". The mentoring method used is the Learning Community, which is a mentoring method that is carried out by using a study group work system to achieve goals. The results of the mentoring activities are: 1) Teachers are able to take advantage of various media and learning resources, both textbooks and non-text books for lessons in KBM via the internet by using e-learning applications and e-libraries; 2) Teachers are able to use various literacy strategies in learning to develop students' character and improve the literacy skills of students and teachers; and 3) Establish and streamline the School Literacy Team.

Peradaban suatu bangsa yang maju dibangun dari budaya keilmuan dan literasi yang berkembang secara berkesinambungan antar generasi. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang digital, budaya literasi, termasuk literasi digital, merupakan salah satu aspek penting yang harus diterapkan di sekolah. Budaya literasi mencakup literasi baca tulis, literasi berhitung/matematik, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan, dan literasi kebudayaan dan kewarganegaraan. Sehubungan dengan hal di atas, tim pengabdian masyarakat berbasis riset IAIN Kediri memberikan pelatihan dan pendampingan dengan tema ”Peningkatan Minat Belajar dan Minat Baca Siswa Melalui Media E-Learning dan E-Library Untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Madrasah di Kab/Kota Blitar Tahun 2020”. Metode pendampingan yang digunakan adalah Learning Community, yaitu metode pendampingan yang dilakukan dengan cara menggunakan sistem kerja kelompok belajar untuk mecapai tujuan. Adapun hasil dari kegiatan pendampingan adalah: 1) Guru mampu memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar, baik buku teks maupun buku non teks pelajaran dalam KBM melalui internet dengan menggunakan aplikasi e-learning dan e-library; 2) Guru mamapu menggunakan berbagai strategi literasi dalam pembelajaran guna mengembangkan karakter siswa dan meningkatkan keterampilan berliterasi siswa dan guru; dan 3) Mendirikan dan mengefektifkan Tim Literasi Sekolah.

Published
2022-03-05
How to Cite
Fanani, M. Z., Surahmat, S., Prasetyo, H. A., Puji Hastuti, M. D., Rohim, B. N. F., Abdullah, A. A., & Alfarizi, A. S. (2022). Peningkatan Minat Belajar dan Minat Baca Siswa melalui Media E-Learning dan E-Library untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Sekolah dan Madrasah di Kab/Kota Blitar Tahun 2020. AS-SUNNIYYAH, 1(01), 94-119. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/813
Section
Articles