Problematika Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Imam Taufiq Akbar
  • H. Moh. Sahlan
  • Heri Purwanto

Abstract

Penilaian afektif adalah penilaian yang mencakup karakteristik perilaku, seperti sikap, perasaan, emosi, minat, dan nilai. Penerapan penilaian afektif selama ini dianggap sulit dan rumit dibandingkan dengan asesmen domain lainnya. Khususnya pada Pendidikan Agama Islam yang berperan dalam mengembangkan keimanan dan ketakwaan siswa, serta membentuk perilaku siswa yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Artikel ini membahas masalah penilaian afektif dalam PAI. Temuan dari artikel ini adalah guru PAI belum menerapkan penilaian afektif secara serius dan tidak mengetahui bagaimana menerapkan penilaian afektif yang tepat. Cara guru PAI menerapkan penilaian afektif sangat beragam, namun tidak didasarkan pada instrumen penilaian dalam menilai aspek afektif siswanya. Hal ini menimbulkan berbagai kendala yang menghambat penerapan penilaian afektif. Kendala ini muncul dari guru PAI itu sendiri maupun dari siswa. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan solusi yang tepat agar penilaian afektif dapat berjalan secara efektif dan efisien serta hasilnya sesuai dengan keadaan siswa yang sebenarnya. Oleh karena itu, disarankan bagi guru PAI untuk memahami lebih dalam bagaimana menerpan penilaian afektif secara tepat.

Published
2022-07-24
How to Cite
Taufiq Akbar, I., Sahlan, H. M., & Purwanto, H. (2022). Problematika Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. AS-SUNNIYYAH, 1(02), 1-11. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/943
Section
Articles