Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI dalam Pembelajaran Online di Saat Pandemi Covid-19

  • Eka Rahayu
  • Vivin Agustin Anggraini
  • Siti Nurhasanatul Islam

Abstract

This article aims to find out what parents role while accompanying children during the Covid-19 pandemic. The method used is a case study through filling out a questionnaire. The results showed that in general, the role of parents was as a guide, educator, carer, developer and supervisor. In particular, the roles that arise are: maintaining and ensuring children to continue learning even though it is done online, assisting children in doing school work, doing joint activities while at home, creating a comfortable environment for children, establishing intense communication with children, guiding and motivating children, provide education. Guidance is needed for parents to help support children's needs-based activities during the pandemic.

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran orang tua selama mendampingi anak belajar di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran orangtua adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus peran yang muncul yaitu: menjaga dan memastikan anak untuk tetap belajar di rumah meskipun dilakukan secara online, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, melakukan kegiatan bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak, menjalin komunikasi dengan anak, membimbing dan memotivasi anak, memberikan edukasi. Diperlukan panduan bagi orang tua dalam membantu mendampingi kegiatan anak yang berbasis pada kebutuhan anak selama pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-08
How to Cite
Rahayu, E., Agustin Anggraini, V., & Nurhasanatul Islam, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI dalam Pembelajaran Online di Saat Pandemi Covid-19. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(01), 37-49. https://doi.org/10.36835/au.v3i01.477
Section
Articles