Pendampingan Santriwati Dalam Memahami Kitab Akhlaqun Nisa’ untuk Meningkatkan Maharah Qiro’ah Kitabah di PP Assunniyyah Kencong
Abstract
Kitab Akhlaqun Nisa’ merupakan kitab sederhana yang berbentuk tulisan pegon jawa halus dan disertai hadist – hadist nabi yang berbahasa Arab. Untuk mempermudah dalam memahami kitab ini perlu menggunakan beberapa metode salah satunya yaitu metode maharoh qiro’ah kitabah. Maharoh qiro’ah kitabah adalah kegiatan yang menekankan pada membaca dan menulis untuk memperlancar proses memahami kitab Akhlaqun Nisa’. Penelitian ini bertujuan agar santriwati mengenal sekaligus memahami isi dari kitab Akhlaqun Nisa’ baik dalam segi lisan melalui membaca tulisan berbahasa Arab maupun tulisan melalui menulis bahasa jawa halus dengan tulisan pegon. Peneliti disini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kegiatan pendampingan terhadap santriwati dan dokumentasi pada saat kegiatan dampingan berlangsung. Hasil penelitian menemukan bahwa dengan menggunakan metode qiro’ah kitabah dapat membantu santriwati dalam memahami kitab Akhlaqun Nisa’ bukan hanya memahami saja tetapi juga mampu membaca tulisan berbahasa Arab dan menulis tulisan pegon dengan baik dan benar.