Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS) Melalui Eskalasi Program Pendidikan Berkualitas di Desa Kepanjen

  • Imam Bukhori Universitas Al-Falah Assunniyyah Kencong
  • Yovita Dyah Permatasari Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong
  • Ifa Afida Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong
  • Robi’atul adawiyah Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong

Abstract

Salah satu cara dalam mewujudkan SDG’s (Sustainable Development Goals) di era modern saat ini, adalah dengan melaksanakan sebuah pengabdian masyarakat berbasis riset. Pengabdian masyarakat berbasis riset (PKM-BR) ini dilakukan di di desa Kepanjen, kecamatan Kencong - Kabupaten Jember. Adapun permasalahan yang ditemukan yaitu; a)masih terdapat anak – anak yang putus sekolah,dan b)kurangnya minat belajar pada anak didik, dan c) kualitas pendidikan yang masih rendah. Adapun tujuan program pemberdayaan masyarakat ini adalah; 1) Meningkatkan semangat belajar di Desa Kepanjen dalam keberlanjutan pendidikan selanjutnya; 2) Bimbingan belajar secara langsung kepada anak-anak; 3) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia; 4) Meningkatkan taraf hidup masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan mengimplementasikan 3 program kerja  yaitu; sosialisasi, penyuluhan dan bimbingan terhadap anak didik. Hasil dari program kerja ini yaitu; a) menumbuhkan rasa semangat belajar kepada anak-anak sejak dini, b) menumbuhkan kesadaran pada anak didik sejak dini, bahwa pendidikan itu sangat penting, dan c) meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Sehingga, 3 program kerja dalam pengabdian masyarakat berbasis riset ini dapat dikatakan bahwa membantu terwujudnya tujuan pendidikan berkualitas dalam ranah mendukung terselenggaranya SDGs (Sustainable Development Goals).  

Published
2023-09-06
How to Cite
Bukhori, I., Permatasari, Y. D., Afida, I., & adawiyah, R. (2023). Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS) Melalui Eskalasi Program Pendidikan Berkualitas di Desa Kepanjen. PANDALUNGAN, 1(01), 154-160. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/1415
Section
Articles